7 METODE DASAR LEVEL SENSOR , APA PERBEDAANNYA?

7-metode-dasar-level-sensor

7-metode-dasar-level-sensor


7 METODE DASAR LEVEL SENSOR , APA PERBEDAANNYA?

Level sensor untuk cairan telah ada dari beberapa dekade yang lalu,digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti di bidang makanan dan minuman, industri, medis dan domestik, percetakan , pertanian , otomotif, dan barang2 yang sering kita gunakan setiap hari untuk mendeteksi kebocoran dan pengukuran level / tingkat.
Sebuah proses yang dulunya membutuhkan perangkat mahal sekarang dapat kita lakukan dengan teknologi kreatif, inovatif dan cerdas dengan biaya lebih murah,bisa diandalkan, kuat , akurat serta mudah dalam pemasangannya.
cairan – cairan yang kita ketahui dulu sangat sulit dideteksiseperti sabun yang mengandung gelembung ataubusa ,susu dan zat lengket sepertilem dan tinta dengan adanya berbagai macam teknologi level sensor sangat memungkinkan dan lebih mudah untuk dideteksi.
Level sensor telah memiliki berbagai macam teknologi agar bisa berkerja berikut 7 diantaranya,

  • Vibrating (getaran)
  • Ultrasonic
  • Optical
  • Capacitance
  • Radar
  • Conductivity
  • Floating Switch

dalam artikel ini kita akan mencoba kupas tuntas kelebihan serta kekurangan dari masing-masing teknologi

1.Vibrating

vibrating base level sensor tuning fork

Kelebihan
-Ringkas
-Hemat Biaya

kekurangan
-Invasif
-Jumlah penggunaan terbatas

Penggunaan
pertambangan, pengolahan kimia, dan industri makanan dan minuman, meliputi material
-Cairan
-Bubuk
-Butiran halus

Teknologi level sensor bebrbasis getaran menggunakan sebuah garputala, sangat cocok digunakan untuk material padat dan cair, termasuk yang lengket , berbusa , bubuk dan padatan berbutir halus. Penggunaan garputala untuk level sensor terbatas hanya pada aplikasi yang kering serta tidak memberukan proses pengukuran yang berkelanjutan. Akan tetapi dapat digunakan bersama dengan sistem pengukuran yang berkelanjutan, dengan bertindak sebagai titik alarm untuk pengisian berlebih serta kebocoran.

2. Ultrasonic

Ultrasonic base Liquid Level Sensors from SMD Fluid Controls

Kelebihan
-Ringkas
-handal
-Tidak memiliki bagian yang bergerak pada perangkat level sensor
-Tidak terpengaruh oleh properti media yang digunakan.

kekurangan
-Mahal
-Invasif
-Berbagai elemen di lingkungan dapat mempengaruhi kinerja level sensor

Penggunaan
Level sensor dapat berkerja tanpa kontak langsung dengan material yang di ukur sangat cocok untuk material yang kental dan butiran padat. sehingga bisa digunakan untuk pemantauan jarak jauh dalam sebuah sistem.

Level sensor berbasis ultrasonic melalukan proses pengukuran berdasarakan durasi dan kekuatan gelombang suara frekuensi tinggi yang terpantul oleh permukaaan material dan dipantulkan kembali ke sensor. waktu yang diambil relatif terhadap jarak antara sensor dan material yang diukur. Nilai waktu ini dipengaruhi oleh berbagai elemen pada ruang jarak anatara sensor dan material seperti turbulensi, busa, suhu, dll. Oleh sebab itu pemasangan posisi pemasangan perangkat ini sangatlah penting.

3.Optic

optical switch level sensor

Kelebihan
-Ringkas
-Tidak memiliki bagian yang bergerak pada perangkat level sensor
-Memiliki kemampuan untuk berkerja pada kondisi dengan tekanan dan temperatur yang tinggi.
-Bisa mendeteksi cairan dalam jumlah yang sedikit

Kekurangan
-Invasif karena sensor memerlukan kontak dengan cairan.
-Memerlukan daya
-pada beberapa zat tebal dapat menyebabkan lapisan pada prisma

Penggunaan
-Pengukuran level tangki dan aplikasi deteksi kebocoran

Untuk level sensor berbasis optik ini memiliki berbagai macam istilah untuk menggambarkan jenis teknologi pada level sensor ini.
Optical Prism, Electro-optic, single-point optical, optical level switch,, dan masih banyak lainnya. Kali ini kita akan membahas Optical Level Switch, switch ini memiliki proses kerja yang sederhana.
Di dalam housing sensor terdapat sebuah LED dan phototransistor.
Ketika ujung sensor berada di udara, cahaya inframerah di dalam ujung sensor dipantulkan kembali ke detektor. Ketika dalam cairan, cairan inframerah dibiaskan dari ujung sensor, menyebabkan lebih sedikit energi untuk mencapai detektor. Level sensor ini berbentuk kompak nan solid yang sangat cocok untuk pengukuran berbagai macam titik aplikasi level sensor. Switch ini juga cocok untuk deteksi level tinggi , sedang , rendah pada carian di dalam tangki besar maupun kecil. cocok juga digunakan sebagai pendeteksi kebocoran yang akan bisa mengakibatkan kerugian yang besar.
Karena berbasis cahaya maka keadaan lingkungan pengukuran yang tidak ramah pada cahaya seperti, tangki kecil yang reflektif, tangki yang memiliki lapisan seperti cermin , cairan bergelumbung , susu atau cairan pelapis mengakibatkan terjadinya masalah yaitu delay pada pembacaan.

4.Kapasitansi

Capacitance level sensor

kelebihan
-Solid
-Bisa menjadi non-invasif
-kompak
-akurat

kekurangan
-Memerlukan kalibrasi
-hanya bosa digunakan pada cairan tertentu

Penggunaan
Industri kimia , makanan , pengolahan air , listrik , dan pembuatan bir.

Sistem kerja Level sensor kapasitansi ini berdasarkan cairan yang di proses memiliki konstanta dielektrik berbeda secara signifikan terhadap udara. Mereka mengukur perubahan pada kapasitansi antara dua lempeng yang diakibatkan oleh perubahan tingkat.  Tersedia 2 versi,satu untuk cairan dengan konstanta dielektrik tinggi dan satu dengan konstanta dielektrik rendah.

Sensor level Kapasitansi bekerja pada berbagai zat padat, cairan, dan bahan campuran. Mereka juga tersedia dalam konfigurasi kontak dan non-kontak yang berarti beberapa diantaranya dipasang di luar wadah / tangki. Ketika memilih perangkat, penting untuk diketahui bahwa tidak setiap sensor kapasitansi bekerja dengan setiap jenis material atau tangki. Selain itu, sensor perlu dikalibrasi ke bahan spesifik untuk kompensasi terhadap berbagai konstanta dielektrik dan perbedaan dalam desain tangki. Karena jenis teknologi ini berdasarkan kontak, keandalan sensor ini dapat sangat dipengaruhi oleh cairan yang menempel pada probe.

5.Radar

radar base level sensor

Kelebihan
-Sangat akurat
-Tidak diperlukan kalibrasi
-Memiliki beberapa opsi output

Kekurangan
-Mahal
-Dapat dipengaruhi oleh lingkungan
-jangkauan deteksi terbatas

Aplikasi
-Lingkungan lembap, beruap dan berdebu. Juuga bisa digunakan dalam sistem yang suhunya bervariasi

Pada prinsipnya radar bekerja dengan cara yang mirip dengan ultrasonik, tetapi pulsa berjalan dengan kecepatan cahaya dan lagi; keandalan dan pengulangan dapat dipengaruhi – tetapi kali ini oleh konstanta dielektrik dari fluida. Namun, radar dapat memberikan informasi tingkat yang sangat tepat dan juga mengkompensasi struktur tetap di dalam wadah. Kelemahannya adalah biaya awal sensor relatif tinggi, tetapi beberapa produsen membuat teknologi ini lebih mudah diakses ke pasar yang lebih luas. Sensor-sensor ini termasuk di antara beberapa teknologi yang bekerja dengan baik dengan zat-zat berbusa dan lengket

6.Konduktifitas

conductivity level sensor

Kelebihan
-Tidak ada bagian yang bergerak
-Mudah digunakan
-Biaya rendah

Kekurangan
-Invasif
-cairan harus konduktif

Penggunaan
-Pengukuran level tangki untuk air boiler, pemantauan reagen, cairan yang sangat korosif

Sensor konduktif digunakan sebagai level sensor pada cairan konduktif seperti air dan cairan yang sangat korosif. Secara sederhana, dua probe metalik dengan panjang yang berbeda (satu panjang, satu pendek) dimasukkan ke dalam tangki. Probe panjang mentransmisikan tegangan rendah, probe kedua dipotong lebih pendek sehingga ujungnya berada di titik switching. Ketika probe dalam cairan, arus mengalir di kedua probe untuk mengaktifkan saklar. Salah satu manfaat untuk perangkat ini adalah Level sensor ini aman karena memakai tegangan dan arus yang rendah. Dan juga mudah digunakan dan dipasang tetapi pemeriksaan serta perawatan rutin harus dilakukan untuk memastikan tidak ada penumpukan pada probe karena akan membuatnya tidak berkerja dengan baik.

7.Float Switch

float-switch level sensor

Kelebihan:
-Non-powered
-Indikasi langsung
-Relatif murah
-Terdapat berbagai macam output

Kekurangan:
-Invasive
-Memiliki bagian yang bergerak
-Memiliki ukuran yang besar
-Sejumlah besar cairan harus hadir sebelum float membuat kontak.

Penggunaan:
dapat digunakan pada tangki yang berisi air, minyak, cairan hidrolik dan bahan kimia.

Float switch adalah salah satu teknologi yang paling efektif dalam biaya tetapi juga terbukti handal untuk pengukuran level cairan. floating switch (Saklar pelampung) mencakup magnet di dalam pelampung dan saklar alang-alang magnet yang ada di dalam housing yang aman. Float bergerak dengan perubahan dalam cairan dan akan menyebabkan saklar buluh untuk membuka atau menutup tergantung pada apakah itu di udara atau cair. Meskipun sederhana dalam desain, teknologi ini menawarkan keandalan jangka panjang dengan harga yang menarik.
Penempatan saklar akan sangat dipengaruhi oleh desain dan kontruksi dari tagki. Biasanya, pemasok akan menawarkan berbagai opsi pemasangan, baik dengan posisi pemasangan horizontal / sisi dan pemasangan vertikal.

itulah 7 metode dasar sebuah level sensor bekerja, jadi manakah pilihanmu?

 

CV Buana Karya Instrument menyediakan berbagai tipe perangkat instrument mulai dari flow meter, pressure sensor , hingga level meter yang kita baru saja kita bahas.

Informasi lebih lanjut tentang level meter dan pemesanan silahkan hubungi kami di sini . Tim kami terdiri dari orang-0rang yang berkompeten di bidangnya, silahkan konsultasikan terlebih dahulu apa yang anda butuhkan dan kami akan memberikan solusi yang paling pas. bisa juga langsung kontak kami di

  • phone +622742835619
  • Sales1 : +6282213937887
  • Sales2 : +628386884611

sales ntp clock indoenesiasales ntp clock indoenesia

 

 

Buana Karya distributor nasional menyediakan banyak alat untuk kebutuhan industri anda seperti valve ,flow meter, level meter, pressure sensor, NTP Clock dari berbagai merk seperti SIEMENS, APG Sensor, RIELS Sensor , ATI Avionics , engless hauser, Tokico , Omron , Kitz , Toyo , Tomoe dan masih banyak merk-merk perangkat industri terkenal lainnya. Perusahaan kami siap melayani pesanan dari seluruh wilayah Indonesia.

 

Blog

level sensorsensorsensor ultrasonik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *