Apa Itu NTP? Sejarah , Penjelasan , dan Manfaat NTP Server

Apa Itu NTP Sejarah , Penjelasan , dan Manfaat NTP Server

Apakah itu NTP?

NTP adalah singkatan dari network time protocol,atau dengan kata lain menggunakan internet protocol untuk mensinkronasi waktu atau jam pada komputer dengan sebuah referensi waktu.
NTP adalah sebuah internet protocol standar yang dikembangkan oleh Prof David L Mills di University of Delaware

Apakah itu SNTP?

Simple Network Time Protocol pada dasarnya sama saja dengan NTP namun tanpa beberapa algoritma yang tidak diperlukan oleh beberapa tipe server. karena jika kita mengimplementasikan NTP protocol secara penuh makan akan menjadi terlalu rumit untuk beberpa sistem, versi sederhana dari NTP inilah yang kita sebut dengan SNTP.

Mengapa waktu harus disinkronasi?

Waktu adalah sesuatu yang penting. jika kamu mengkomunikasikan program yang berjalan di komputer yang berbeda, waktu akan menjadi sangat penting apalagi ketika berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya. Setelah diteliti ternyata perpindahan diantara 2 sistem yang berbeda waktu itu menyebabkan pergeseran waktu baik lebih cepat maupun lebih lambat.Tentu bukanlah menjadi suatu hal yang kita inginkan.

Konsekuensinya adalah ketika sebuah sistem dengan jaringan yang terisolir akan selalu memungkinkan untuk memnggunakan jam atau waktu yang salah. namun ketika kita hubungkan ke internet, barulah akan terlihat pengaruhnya. Bayangkan saja ada sebuah email yang diterima 5 menit sebelum dikirim, dan juga sebuah email balasan yang kita terima 2 menit sebelum email itu dikirim.

bahkan hanya dalam satu komputer pun beberapa aplikasi akan bermasalah ketika waktu yang ada pada sistem tidak sesuai. Contohnya, sistem database yang menggunakan pencadangan untuk transaksi dan kerusakan maka mebutuhkan informasi yang akurat tentang waktu dimana keadaan sistem masih dalam keadaan  baik. Oleh karena itu ATC (Air Traffic Control)menjadi salah satu yang pertama dalam aplikasi NTP.

Apakah fitur dasar dari sebuah NTP?

Sebelumnya telah ada beberapa protocol untuk sinkronasi jam pada komputer, yang masing – masing memiliki perbedaan fitur.
berikut ini adalah beberapa fitur NTP:

  • NTP dalam pengoperasiannya memerlukan sebuah referensi jam yang mempunyai true time.semua jam diatus sesuai dengan true time ini(itu tidak hanya menjadikan seluruh sistem mematuhi ke suatu waktu saja namun membuat mereka patu juga ketika ada true time yang di tentukan oleh sebuah standar.
  • NTP menggunakan UTC sebagai referensi waktunya.
  • NTP protokol yang memiliki toleransi terhadap sebuah kegagalan dimana akan otomatis memilih yang terbaik diantara beberapa sumber waktu yang tersedia untuk kemudian digunakan untuk sinkronasi.
    Beberapa sumber yang tersedia di kombinasikan untuk meminimalkan vertambahnya kesalahan. Sumber waktu yang tidak aktih baik sementara maupun permanen akan terdeteksi dan dihindari.
  • NTP sangat skalabel: Jaringan sinkronisasi dapat terdiri dari beberapa jam referensi. Setiap node dari jaringan tersebut dapat bertukar informasi waktu baik dua arah atau searah. Waktu propagasi dari satu node ke node lainnya membentuk grafik hierarkis dengan jam referensi di bagian atas.
  • Setelah memiliki beberapa sumber waktu, NTP dapat memilih kandidat terbaik untuk membangun perkiraan waktu saat ini. Itu protokol sangat akurat, menggunakan resolusi kurang dari satu nanodetik (sekitar 2 ^ -32 detik). (Protokol populer digunakan oleh rdate dan didefinisikan dalam [RFC 868] hanya menggunakan resolusi satu detik).
  • Bahkan ketika koneksi jaringan sementara tidak tersedia, NTP dapat menggunakan pengukuran dari yang sudah ada sebelumnya untuk memperkirakan arus waktu yang sedang berlangsung dan kesalahan atau error jikalau ada.
  • Untuk alasan formal, NTP juga akan mempertahankan estimasi untuk keakuratan waktu setempat.

Berapa banyak server NTP yang tersedia di Internet?

Menurut Sebuah Survei Jaringan NTP ada setidaknya 175.000 host menjalankan NTP di Internet. Di antara ini ada lebih dari 300 server ntp strata-1 yang valid. Selain itu ada lebih dari 20.000 server ntp di strata 2, dan lebih dari 80.000 server ntp di strata 3.

Apa perbedaan antara xntp dan ntp?

Jelas perbedaannya adalah pada huruf x, dan maknanya dalam beberapa tahun yang lalu adalah (menurut Profesor David L. Mills):

“Dennis Fergusson menyebut “x” sebagai “eksperimental”. Saya mungkin mendapat dua puluh pesan selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa x tidak
sesuai untuk kode yang digunakan lebih dari satu dekade dan saya mulai menghilangkannya untuk NTPv4. Lihat makalah tentang sejarah NTP di
http://www.eecis.udel.edu/~mills/papers.htm”

Dalam prakteknya xntp merujuk pada implementasi versi tiga atau lebih lama dan ntp mengacu pada implementasi versi empat (atau lebih baru).

Produk  NTPC Jam Digital Otomatis berbasis NTP

Kami menyedikan produk JAM digital otomatis , yang waktunya kami sinkronkan langsung dengan server NTP ,dengan konektivitas yang bisa dipilih wifi maupun PoE ethernet. Berikut ini adalah produk jam ntp digital otomatis kami.

NTP GPS Clock 4 Digits

Berikut beberapa produk jam digital otomatis kami yang auto sinkron dengan server NTP dengan dilengkapi 4 digit untuk jam dan menit

NTP GPS Clock 6 Digits

Berikut beberapa produk jam digital otomatis kami yang auto sinkron dengan server NTP dengan dilengkapi 6 digit untuk jam , menit , dan detik

Blog

Comments are disabled.