Berbagai Macam Flow Meter Switch Gas & Cairan

Berbagai Macam flow meter switch gas dan cair

Berbagai Macam flow meter switch gas dan cair


Berbagai Macam Flow Meter Gas & Cairan

Pemantauan aliran adalah bagian penting dari setiap proses industri. Untuk alasan ini, sebagian besar industri telah melakukan semua yang diperlukan untuk mengadopsi beberapa cara yang paling bisa diandalkan dan tentu efisien untuk mengendalikan proses ini.

Ini dimungkinkan melalui penggunaan berbagai macam flow meter dan flow switch. Sebagai contoh, sebagian besar flow switch di pasar saat ini cenderung menonjolkan teknologi dispersi termal.

Teknologi dispersi termal saat ini sedang digunakan untuk memantau aliran gas dan cairan di sangat banyak pipa. Teknologi ini didasarkan pada fakta bahwa jumlah panas yang terbawa dari probe yang dipanaskan meningkat seiring dengan meningkatnya kecepatan fluida.

Ada cukup banyak switch / sakelar yang menggunakan teknologi ini. Dalam switch ini, adanya perbedaan suhu yang lebih besar menunjukkan kondisi tanpa aliran. Perbedaan suhu ini menurun dengan meningkatnya laju aliran. Elemen panas yang paling umum digunakan adalah detektor suhu resistansi/ resistance temperature detector (RTD).Tingkat di mana ia membuang panas berbanding lurus dengan laju aliran fluida.

Sinyal yang diperoleh dari RTD dikonversi menjadi sinyal listrik oleh sirkuit pengkondisian elektronik. Sinyal listrik kemudian digunakan untuk mengatur sirkuit titik setel lainnya. Sebagian besar perangkat ini tangguh dan dapat diandalkan dibandingkan dengan switch tradisional.

Mereka juga tahan lama dan masalah lain seperti penyumbatan sepenuhnya dihilangkan. Sakelar yang menggunakan teknologi ini dapat memantau semua jenis fluida dan memiliki respons cepat terhadap perubahan kecepatan aliran.

 

baca juga : Manfaat Penggunaan Flow Switch

 

Beberapa Teknologi Flow Switch

Flow Switch dapat diklasifikasikan baik untuk aliran cair maupun udara (gas). Flow Switch digunakan untuk memantau aliran cairan, udara atau uap di berbagai aplikasi industri di mana Flow Switch mengirim sinyal ke perangkat lain seperti pompa untuk mematikan atau menghidupkan tergantung pada situasi yang dihadapi. Mereka juga digunakan dalam sistem pemanas, hidrolik dan pendingin udara.

Flow Switch / sakelar ini dilengkapi dengan berbagai teknologi yang  menjamin kinerja berkualitas tinggi, tahan terhadap korosi, pengaturan aktuasi yang fleksibel, dan beragam desain di antara Flow Switch lainnya.

  1.  Air flow switches

    Flow Switch salah satu yang menyediakan cara termurah untuk mendeteksi kehilangan atau perubahan kecepatan udara. Mereka lebih disukai untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan tinggi ke rendah. Baik kehilangan dan perubahan kecepatan dapat sebagai hasil dari sejumlah faktor yang termasuk filter yang kotor atau tersumbat, kelebihan beban pada motor kipas dan kipas yang longgar.

  2. The vane actuated switches

    Dalam Switch / sakelar jenis ini, ketika udara mengalir melalui pipa, baling-baling dipaksa untuk berayun ke arah yang ditiup angin. Ini memaksa selongsong untuk bergerak ke arah atas membuat magnet untuk menarik dan mengaktifkan saklar.

  3. Disc actuated switches

    Dalam hal ini, fluida yang mengalir melalui katup mendorong disk ke atas dan ke bawah yang akibatnya menurunkan dan menaikkan selongsong magnetik masing-masing. Ini membuat magnet untuk menggerakkan saklar. Prinsipnya hampir sama dengan sakelar yang digerakkan baling-baling.

  4. Liquid flow switches

    Flow switch ini digunakan untuk berbagai aplikasi yang mencakup peralatan yang dioperasikan secara elektrik seperti motor atau lampu sinyal. Flow switch ini dapat digunakan untuk memulai atau menghentikan peralatan listrik.Flow switch ini sebagian besar digunakan untuk aplikasi tujuan umum. Juga digunakan untuk mendeteksi aliran dalam aplikasi industri yang sangat banyak seperti ada peristiwa kegagalan aliran pada pipa tertentu, flow switch dapat menyalakan alarm.

Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memasang jenis flow switch ini pada pipa. Switch atau saklar selalu mengarah sesuai  arah aliran. Sudut di mana switch / sakelar harus dipasang pada pipa juga penting.

Ini akan tergantung pada manual sakelar. Filter juga harus dipasang untuk mencegah partikel asing memasuki pipa. Filter juga harus dipasang di daerah di mana ada sedikit atau tidak ada turbulensi yaitu jalur pipa yang  jauh dari tikungan atau siku.

Dengan kemajuan teknologi, ada flow switch / sakelar aliran yang telah memasukkan teknologi termal. Dalam sakelar semacam itu, kondisi tanpa aliran ditunjukkan oleh suhu tinggi.

Switch ini memiliki detektor suhu resistansi (RTD). Ini adalah fakta sederhana bahwa ketika ada aliran, RTD didinginkan oleh fluida bergerak. Sejauh ini , flow switch jenis ini mendapatkan popularitas di sebagian besar aplikasi industri. Flow switch ini memiliki sirkuit elektronik yang mengubah perbedaan suhu dari RTD menjadi sinyal listrik yang digunakan dalam berbagai proses kontrol. Ini membuatnya lebih mudah untuk menggabungkan berbagai macam sistem kontrol.

 

 

Sumber : www.endressdirect.us

Blog

Comments are disabled.