Cara Kerja Flowmeter & Tips Memilih Flowmeter yang Benar!

pedoman-dasar-pemilihan-flow-meter

pedoman-dasar-pemilihan-flow-meter


Cara Kerja Flowmeter & Tips Memilih Flowmeter yang Benar!

Flowmeters adalah alat yang mengukur jumlah cairan, gas atau uap yang melewati sebuah jalur biasanya berbentuk pipa. Beberapa flowmeters mengukur aliran sebagai  jumlah cairan yang melewati flowmeter selama periode waktu (seperti 100 liter per menit). Flowmeters lainnya mengukur jumlah total cairan yang telah melewati flowmeter  (seperti 100 liter).

Perangkat Flow meter terdiri dari perangkat utama, transduser dan transmitter (pemancar).  Transduser merasakan cairan yang melewati perangkat utama. transmitter flowmeter menghasilkan sinyal aliran yang dapat digunakan (dibaca) dari sinyal transduser mentah. Komponen-komponen ini sering digabungkan, sehingga flowmeter dapat berupa satu atau lebih perangkat fisik.

Jual siemens electromagnetic water meter cara kerja flow meter, pressure meter distributor indonesia

Berikut penjelasan pengukuran aliran (flow measurement)

Q = A · v, yang berarti bahwa volume cairan yang melewati flowmeter sama dengan luas penampang pipa (A) kali kecepatan rata-rata fluida (v); dan

W = r · Q, yang berarti bahwa aliran massa fluida yang melewati flowmeter (A) sama dengan densitas fluida (r) kali volume cairan (Q).

Jenis-jenis Flowmeter

Flowmeters volumetrik mengukur volume cairan (Q) melewati flowmeter secara langsung.
Satu-satunya teknologi flowmeter yang mengukur volume secara langsung adalah Positive Displacement Flowmeter.

Velocity Flowmeters menggunakan teknik yang mengukur kecepatan (v) dari aliran yang mengalir untuk menentukan volume aliran.
Contoh teknologi flowmeter yang mengukur kecepatan termasuk magnetik, turbin, ultrasonik, dan vortex shedding dan fluidic flowmeters.

Mass Flowmeters menggunakan teknik yang mengukur aliran massa (W) dari aliran yang mengalir.
Contoh teknologi flowmeter yang mengukur aliran massa adalah Coriolis mass dan Thermal flowmeters.

Inferential Flowmeters tidak mengukur volume, kecepatan ataupun massa, tetapi mengukur aliran dengan menyimpulkan nilainya dari parameter lain yang diukur.
Contoh teknologi flowmeter yang mengukur secara inferensial adalah Differencial Pressure flowmeter, target dan variabel Area flowmeters.

Perangkat Komputer pada komputer sering digunakan untuk mengkompensasi pengukuran aliran pada kondisi proses yang sebenarnya, seperti tekanan, temperatur, viskositas, dan komposisi.

Teknologi flowmeter lainnya yaitu flowmeters yang bisa mengukur aliran cairan di saluran terbuka, dan insertion flowmeters yang mengukur aliran di satu lokasi dalam pipa dan menggunakan pengukuran ini untuk menyimpulkan aliran di seluruh pipa.
Sistem pengukuran pada insertion flowmeter sering menggunakan komputer untuk mengkompensasi efek hidraulik supaya mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan Flowmeters

Untuk penggunaan zat cair, pastikan bahwa flowmeter dipasang sedemikian rupa sehingga tetap penuh cairan, karena gas / uap dalam flowmeter dapat mengubah geometri dan mempengaruhi akurasi.

Sedangkan penggunaan zat gas atau uap, pastikan bahwa flowmeter dipasang sedemikian rupa sehingga flowmeter tetap penuh gas / uap, karena cairan dalam flowmeter dapat mengubah geometri dan mempengaruhi akurasi.

Gangguan biasanya terjadi di bagian hulu (dan kadang-kadang hilir) dari flowmeter, seperti siku pipa dan katup kontrol, dapat mempengaruhi akurasi pengukuran. karena flowmeter mungkin tidak dapat mengukur aliran yang terganggu secara akurat.
Pastikan untuk menempatkan katup kontrol di bagian hilir flowmeter sehingga gangguan alirannya tidak dimasukkan langsung ke flowmeter (seperti jika berada di hulu).
Juga, pastikan untuk mendesain pipa upstream dan downstream dengan cukup straight run untuk menghilangkan gangguan yang dapat mempengaruhi akurasi pengukuran.

Perlu diperhatikan juga untuk aliran dua fase karena ini tentu memiliki pengaruh besar terhadap keakuratan pengukuran.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Flowmeters

Masing-masing flowmeter memiliki spesifikasi tersendiri yang unik termasuk peruntukan dan kendala-kendala yang mungkin terjadi. Jadi tidak ada istilahnya flowmeter “One size fits all”. Cara paling tepat memilih flowmeter adalah dengan mengetahui terlebih dahulu peruntukan flowmeter yang akan kita beli. ketika kita sudah mengetahuinya maka akan lebih mudah menentukan teknologi flowmeter mana yang akan kita pakai. Ini tentu lebih hemat, efektif dan efisian dibanding kita menyeseuaikan peruntukan flow meter kita agar sesuai dengan teknologi yang sudah kita pilih terlebih dahulu.

Informasi lebih lanjut tentang Digital Flowmeter dan pemesanan silahkan hubungi kami di sini . Tim kami terdiri dari orang-0rang yang berkompeten di bidangnya, silahkan konsultasikan terlebih dahulu apa yang anda butuhkan dan kami akan memberikan solusi yang paling pas. bisa juga langsung kontak kami di

  • phone +622742835619
  • Sales1 : +6282213937887
  • Sales2 : +628386884611

sales ntp clock indoenesiasales ntp clock indoenesia

 

 

Buana Karya distributor nasional menyediakan banyak alat untuk kebutuhan industri anda seperti valve ,flow meter, level meter, pressure sensor, NTP Clock dari berbagai merk seperti SIEMENS, APG Sensor, RIELS Sensor , ATI Avionics , engless hauser, Tokico , Omron , Kitz , Toyo , Tomoe dan masih banyak merk-merk perangkat industri terkenal lainnya. Perusahaan kami siap melayani pesanan dari seluruh wilayah Indonesia.

Blog

flowmetersensorsensor ultrasonik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *