Cara Kerja Solenoid Valve Pneumatic

cara-kerja-solenoid-valve-pneumatic

cara-kerja-solenoid-valve-pneumatic


Cara Kerja Solenoid Valve Pneumatic

Solenoid valve Pneumatic - diagramApakah yang dimaksud dengan Solenoid Valve Pneumatic?, Salah satu jenis valve yang tenaga penggeraknya menggunakan energi listrik  melalui solenoid. solenoid valve ini memiliki kumparan sebagai penggerak piston yang dapat digerakkan oleh arus AC aupun DC. solenoid valve memiliki lubang input (masukan) sebagai tempat masuknya udara, lubang output (keluaran) dan lubang exhaust pneumatic.

Apa fungsi dari ketiga lubang tersebut?, lubang input (masukan) pada solenoid valve berfungsi sebagai tempat masuknya udara dan lubang output (keluaran) sebagai tempat dimana udara bertekanan keluar dan kemudian akan dihubungkan ke dalam pneumatic, Sedangkan untuk saluran exhaust berfungsi sebagai saluran tempat keluarnya udara bertekanan. Udara bertekanan ini dihasilkan oleh plunger yang bergerak saat selenoid valve pneumatic beroperasi.

Sebelumnya kita telah membahas  berbagai macam jenis valve termasuk solenoid valve bisa kita lihat di artikel ini.

Solenoid valve pneumatic ini  merupakan elemen control yang digunakan pada banyak industri apalagi yang berhubungan dengan pengolahan fluida gas. Adapun fungsi utama dari solenoid valve yaitu untuk mematikan, untuk pencampuran fluida, distribusi, dosing dan release. Perlu ketahui bahwa solenoid valve memiliki berbagai macam jenis tergantung dari metode kerjanya dan penggunaanya. Namun, bila diamati dari modelnya, solenoid valve terdiri dari dua jenis yaitu solenoid valve double coil dan single coil walaupun kedua jenis ini memiliki cara kerja yang sama.

Penerapan Solenoid Valve Pneumatic

Saat ini solenoid valve banyak diterapkan pada suatu sistem tertentu, karena memiliki kelebihan seperti masa servis yang tergolong lama, sangat efisien, aman dan daya kontrol rendah. Dalam pengaplikasiannya, solenoid valve terdiri dari beberapa variasi sesusai kegunaan mesin tersebut. Berikut ini adalah beberapa penggunaan solenoid valve:

  1. Penggerak piston valve
  2. Penggerak tabung silinder
  3. Penggerak blow set valve.

Prinsip Kerja Solenoid Valve Pneumatic

Kita perlu mengetahui prinsip kerja dari Solenoid valve pneumatic ini agar lebih paham mengenai alat ini . Berikut cara kerja atau prinsip kerja solenoid valve, pertama coil yang terdapat pada katup listrik akan bergerak ketika memperoleh suplai tenaga listrik dan coil tersebut akan berubah menjadi energi medan magnet, medan magnet tersebut akan menggerakkan piston pada bagian dalam. Umumnya tegangan kerja pada solenoid valve berkisar 100/200 VAC, tapi ada juga jenis solenoid valve yang menggunakan tegangan kerja DC.

Dalam prosesnya, motor listrik akan dihidupkan untuk mengoperasikan kompresor. udara luara akan disedot dan ditekan ke dalam tangki udara hingga mencapai tekanan tinggi. Saat penyaluran udara bertekanan ke seluruh sistem diperlukan service unit yang terdiri dari shut off valve (katup keran), filter (penyaring) dan pengatur tekanan atau regulator. Mengapa service unit tersebut diperlukan?, karena udara yang bertekanan harus benar-benar bersih saat masuk ke dalam sirkuit pneumatik. Umumnya tekanan operasional yang digunakan sekitar 6 bar.

Udara bertekanan akan keluar melalui outlet port melalui selang elastis dan kemudian masuk ke dalam katup masukan pneumatic (inlet port). Udara yang bertekanan akan mengisi tabung pneumatic akan menggerakkan piston dalam posisi maju dan akan berhenti pada lubang outlet port pneumatic (saluran buang pneumatic) sebagai tempat keluarnya udara.

Hubungi kami distributor valve Indonesia terlengkap

Itulah informasi mengenai pengertian Solenoid valve disertai jenis dan cara kerjanya. Anda membutuhkan perangkat Solenoid valve untuk sistem anda? silahkan hubungi kami . Buanakarya.com sebagai salah satu distributor Solenoid valve  di Indonesia yang terlengkap. Menyediakan dari berbagai macam jenis valve dengan daftar harga valve yang bersaing. tersedia berbagai macam merk mulai dari kitz, toyo, tomoe. Berada di yogyakarta harga valve kami tidak kalah dengan distributor valve jakarta maupun glodok. Supplier valve indonesia daerah sumatera seperti aceh, medan , pekanbaru , padang, jambi ,bengkulu , palembang lampung, daerah kalimantan seperti samarinda , balikpapan , pontianak,banjarmasin, kutai, sampit , sulawesi seperti makassar , palu, manado , gorontalo, fakfak, kendari, maluku, papua.  silahkan hubungi kami.

  • phone +622742835619
  • Sales1 : +6282213937887
  • Sales2 : +628386884611

sales ntp clock indoenesiasales ntp clock indoenesia

 

 

Buana Karya distributor nasional menyediakan banyak alat untuk kebutuhan industri anda seperti valve ,flow meter, level meter, pressure sensor, NTP Clock dari berbagai merk seperti SIEMENS, APG Sensor, RIELS Sensor , ATI Avionics , engless hauser, Tokico , Omron , Kitz , Toyo , Tomoe dan masih banyak merk-merk perangkat industri terkenal lainnya. Perusahaan kami siap melayani pesanan dari seluruh wilayah Indonesia.

 

Blog

Comments are disabled.